Transisi musim kemarau pada musim hujan berpengaruh pada penurunan imunitas tubuh manusia. Di sisi lain, suhu lembab pada awal musim hujan sangat mendukung pertumbuhan virus dan bakteri. Hal ini memberikan dampak serius pada kerentanan tubuh untuk terserang penyakit. Untuk menjaga tubuh tetap fit selama musim hujan ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, seperti:

1. Konsumsi makanan tinggi antioksidan diantaranya kacang-kacangan, sayur, dan buah (apel, anggur, jeruk, mangga, kurma, brokoli). WHO menyarankan konsumsi sayur paling sedikit setengah porsi makan rutin setiap hari untuk menjaga dan meningkatkan kekebaan tubuh.

2. Rutin Berolahraga
Olahraga yang rutin umumnya dilakukan sebanyak 3 – 4 kali dalam seminggu dengan durasi 30 – 45 menit tiap sesi.

3. Menjaga Kebersihan
Rajin mencuci tangan dan menjaga kerapian kuku jari adalah cara menjaga kebersihan diri paling mudah. Sebab melalui tanganlah portal termudah masuknya penyakit.

Baca Juga :  Makanan Organik Turunkan Risiko Terkena Kanker

4. Istirahat Cukup
Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 7 – 8 jam per hari, sedangkan remaja membutuhkan 9 – 10 jam per hari.

5. Hindari Stress
Dokter Allert menyebutkan bahwa stres yang tidak terkendali berdampak pada produksi hormon kortisol yang dalam jangka panjang hormon ini mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh.

6. Hindari Konsumsi Rokok dan Alkohol
Risiko mengalami infeksi paru lebih besar dialami pada orang-orang perokok dan pengkonsumsi alkohol.

Menerapkan pola hidup sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Pemeriksaan rutin dan konsultasi pada tenaga medis merupakan hal yang dirasa perlu untuk memantau status kesehatan diri.
Nah, healties itulah tips sederhana menjaga kesehatan selama musim hujan. Selamat menerapkan!

Referensi:
Noya, A.B.I. 2019. Berbagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit.
Barkeley, W. 2018. Antioxidants and Free Radicals. University of California.

#rsihasanahmojokerto
#tipskesehatan
#hospitalhits

#KeHasanahAja

Leave a Comment